Kamis, 08 Juni 2017

PENGELOLAAN KELAS

MENGELOLA KELAS
MENGAPA KELAS PERLU DIKELOLA SECARA EFEKTIF
Isu Manajemen di Kelas Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah
Dibandingkan dengan sekolah menengah, murid SD menghabiskan waktu lebih banyak waktu dengan murid yang sama di kelas kecil, dan berinteraksi dengan orang yang sama selama seharian sehingga bisa menimbulkan kebosanan dan problem lain. Dibanding di SD, problem sekolah menengah dapat lebih lama dan dalam karenanya lebih sulit untuk dimodifikasi.

Kelas Padat, Kompleks, dan Berpotensi Kacau
Dalam menganalisis lingkungan kelas, Walter Doyle (1986) mendeskripsikan enam karakteristik yang mereflesikan kompleksitas dan potensi problemnya:
1. Kelas adalah multidimensional
2. Aktivitas terjadi secara simultan
3. Hal-hal terjadi secara cepat
4. Kejadian sering kali tidak bisa diprediksi
5. Hanya ada sedikit privasi
6. Kelas punya sejarah

Strategi yang baik untuk memulai kegiatan belajar mengajar adalah:
1. Membangun ekspektasi untuk perilaku dan menghilangkan ketidakpastian
2. Memastikan murid merasakan pengalaman kesuksesan
3. Selalu siap dan dapat dijangkau
4. Selalu bertugas

Tujuan dan Strategi Manajemen
1. Membantu murid menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar
2. Mengurangi waktu aktivitas yang tidak diorientasikan pada tujuan
3. Mencegah murid mengalami problem akademik dan emosional

MENDESAIN LINGKUNGAN FISIK KELAS
Prinsip Penataan Kelas
1. Kurangi kepadatan di tempat lalu-lalang
2. Pastikan bahwa Anda dapat dengan mudah melihat semua murid diakses
3. Pastikan murid dapat dengan mudah melihat semua presentasi kelas

Gaya Penataan
Gaya auditorium, gaya penataan kelas dimana semua murid duduk menghadap guru
Gaya tatap muka (face-to-face), gaya penataan kelas dimana semua murid saling menghadap
Gaya off-set, gaya penataan kelas dimana sejumlah murid (biasanya tiga atau empat anak) duduk di bangku tetapi tidak duduk berhadapan langsung satu sama lain
Gaya seminar, gaya penataan kelas dimana sejumlah besar murid (10 atau lebih) duduk di susunan berbentuk lingkaran, atau persegi, atau bentuk U
Gaya klaster (cluster), gaya penataan kelas dimana sejumlah murid (biasanya empat sampai delapan anak) bekerja dalam kelompok kecil

MENCIPTAKAN LINGKUNGAN s POSITIF UNTUK PEMBELAJARAN
Strategi Umum
Menggunakan Gaya Otoritatif
Gaya otoritatif adalah melalukan percakapan denga murid, memerhatikan murid dan membatasi perilaku murid jika dibutuhkan

Mengelola Aktivitas Kelas Secara Efektif
Manajer kelas yang efektif:
1. Menunjukkan seberapa jauh mereka “mengikuti”
2. Atasi situasi tumpang-tindih secara efektif
3. Menjaga kelancaran dan kontunuitas pelajaran

Mengajak Murid untuk Bekerja Sama
1. Menjalin hubungan positif dengan murid
2. Mengajak murid untuk berbagi dan mengemban tanggung jawab
3. Beri hadiah terhadap perilaku yang tepat (penguat efektif, prompts, dan shaping)

MENJADI KOMUNIKATOR YANG BAIK 
Keterampilan Berbicara
Berbicara di Depan Kelas dan Murid
Beberapa strategi untuk berbicara secara jelas dengan kelas Anda antara lain:
1. Menggunakan tata bahasa dengan benar
2. Memilih kosakata yang gampang dipahami dan tepat bagi level grade murid
3. Menerapkan strategi untuk meningkatkan kemampuan murid
4. Berbicara dengan tempo yang tepat, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat
5. Tidak menyampaikan hal-hal yang kabur
6. Menggunakan perencanaan dan pemikiran logis sebagai dasar berbicara yang jelas di kelas

Rintangan Komunikasi Verbal yang Efektif
1. Kritik
2. Memberi julukan dan pelabelan
3. Menasehati
4. Mengatur-atur
5. Ceramah moral (moralizing)

Memberi Ceramah yang Efektif
1. Jalin hubungan dengan audien
2. Kemukakan tujuan Anda
3. Sampaikan ceramah secara efektif
4. Ikuti konvensi yang tepat
5. Tata ceramah dengan rapi
6. Masukkan bukti pendukung dan kembangkan ide Anda
7. Gunakan media secara efektif

Keterampilan Mendengar
Mendengar aktif berarti gaya mendengar yang memberi perhatian penuh pada pembicara, memfokuskan diri pada isi intelektual dan emosional dari pesan.
Beberapa strategi mendengarkan aktif antara lain:
1. Memberi perhatian pada orang yang berbicara
2. Parafrasa
3. Mensintesiskan teman dan pola
4. Memberikan tanggapan secara kompeten

MENGHADAPI PERILAKU BERMASALAH
Strategi Manajemen
1. Intervensi Minor
2. ntervensi Moderat
3. Menggunakan Sumber Daya Lain
- Mediasi teman sebaya
- Konferensi guru-orangtua
- Minta bantuan kepala sekolah atau konselor
- Cari Mentor

Menghadapi Agresi
1. Perkelahian
2. Bullying
3. Pembangkangan atau Permusuhan terhadap guru

Program Berbasis Kelas dan Sekolah
Program efektif untuk mengelola perilaku di kelas antara lain:
1. Program pengayaan kompetensi sosial
2. Tiga C dalam manajemen kelas dan sekolah
3. Dukungan bagi pengelolaan kelas berpusat pada pembelajaran: COMP

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dhita's Template by Ipietoon Cute Blog Design