MENGELOLA KELAS
MENGAPA
KELAS PERLU DIKELOLA SECARA EFEKTIF
Isu
Manajemen di Kelas Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah
Dibandingkan dengan sekolah
menengah, murid SD menghabiskan waktu lebih banyak waktu dengan murid yang sama
di kelas kecil, dan berinteraksi dengan orang yang sama selama seharian
sehingga bisa menimbulkan kebosanan dan problem lain. Dibanding di SD, problem
sekolah menengah dapat lebih lama dan dalam karenanya lebih sulit untuk
dimodifikasi.
Kelas
Padat, Kompleks, dan Berpotensi Kacau
Dalam menganalisis lingkungan
kelas, Walter Doyle (1986) mendeskripsikan enam karakteristik yang mereflesikan
kompleksitas dan potensi problemnya:
1. Kelas adalah multidimensional
2. Aktivitas terjadi secara
simultan
3. Hal-hal terjadi secara cepat
4. Kejadian sering kali tidak bisa
diprediksi
5. Hanya ada sedikit privasi
6. Kelas punya sejarah
Strategi yang baik
untuk memulai kegiatan belajar mengajar adalah:
1.
Membangun ekspektasi untuk perilaku dan menghilangkan ketidakpastian
2.
Memastikan murid merasakan pengalaman kesuksesan
3.
Selalu siap dan dapat dijangkau
4.
Selalu bertugas
Tujuan
dan Strategi Manajemen
1.
Membantu murid menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar
2.
Mengurangi waktu aktivitas yang tidak diorientasikan pada tujuan
3.
Mencegah murid mengalami problem akademik dan emosional
MENDESAIN
LINGKUNGAN FISIK KELAS
Prinsip
Penataan Kelas
1. Kurangi kepadatan di tempat
lalu-lalang
2. Pastikan bahwa Anda dapat dengan
mudah melihat semua murid diakses
3. Pastikan murid dapat dengan
mudah melihat semua presentasi kelas
Gaya
Penataan
Gaya
auditorium, gaya penataan kelas dimana semua murid
duduk menghadap guru
Gaya tatap muka (face-to-face),
gaya penataan kelas dimana semua murid saling menghadap
Gaya
off-set, gaya penataan kelas dimana sejumlah murid (biasanya
tiga atau empat anak) duduk di bangku tetapi tidak duduk berhadapan langsung
satu sama lain
Gaya
seminar, gaya penataan kelas dimana sejumlah besar murid (10
atau lebih) duduk di susunan berbentuk lingkaran, atau persegi, atau bentuk U
Gaya
klaster (cluster), gaya penataan kelas dimana sejumlah
murid (biasanya empat sampai delapan anak) bekerja dalam kelompok kecil
MENCIPTAKAN
LINGKUNGAN s POSITIF UNTUK PEMBELAJARAN
Strategi
Umum
Menggunakan
Gaya Otoritatif
Gaya otoritatif adalah melalukan
percakapan denga murid, memerhatikan murid dan membatasi perilaku murid jika
dibutuhkan
Mengelola
Aktivitas Kelas Secara Efektif
Manajer kelas yang efektif:
1. Menunjukkan seberapa jauh mereka
“mengikuti”
2. Atasi situasi tumpang-tindih
secara efektif
3. Menjaga kelancaran dan
kontunuitas pelajaran
Mengajak
Murid untuk Bekerja Sama
1. Menjalin hubungan positif dengan
murid
2. Mengajak murid untuk berbagi dan
mengemban tanggung jawab
3. Beri hadiah terhadap perilaku
yang tepat (penguat efektif, prompts, dan shaping)
MENJADI
KOMUNIKATOR YANG BAIK
Keterampilan
Berbicara
Berbicara
di Depan Kelas dan Murid
Beberapa strategi untuk berbicara
secara jelas dengan kelas Anda antara lain:
1.
Menggunakan tata bahasa dengan benar
2.
Memilih kosakata yang gampang dipahami dan tepat bagi level grade murid
3.
Menerapkan strategi untuk meningkatkan kemampuan murid
4.
Berbicara dengan tempo yang tepat, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat
5.
Tidak menyampaikan hal-hal yang kabur
6. Menggunakan perencanaan dan pemikiran logis sebagai dasar berbicara yang jelas
di kelas
Rintangan
Komunikasi Verbal yang Efektif
1.
Kritik
2.
Memberi julukan dan pelabelan
3.
Menasehati
4.
Mengatur-atur
5.
Ceramah moral (moralizing)
Memberi
Ceramah yang Efektif
1.
Jalin hubungan dengan audien
2.
Kemukakan tujuan Anda
3.
Sampaikan ceramah secara efektif
4.
Ikuti konvensi yang tepat
5.
Tata ceramah dengan rapi
6.
Masukkan bukti pendukung dan kembangkan ide Anda
7.
Gunakan media secara efektif
Keterampilan
Mendengar
Mendengar aktif berarti gaya
mendengar yang memberi perhatian penuh pada pembicara, memfokuskan diri pada
isi intelektual dan emosional dari pesan.
Beberapa strategi mendengarkan
aktif antara lain:
1.
Memberi perhatian pada orang yang berbicara
2.
Parafrasa
3.
Mensintesiskan teman dan pola
4.
Memberikan tanggapan secara kompeten
MENGHADAPI
PERILAKU BERMASALAH
Strategi
Manajemen
1.
Intervensi Minor
2.
ntervensi Moderat
3.
Menggunakan Sumber Daya Lain
- Mediasi teman sebaya
- Konferensi guru-orangtua
- Minta bantuan kepala sekolah atau
konselor
- Cari Mentor
Menghadapi
Agresi
1.
Perkelahian
2.
Bullying
3.
Pembangkangan atau Permusuhan terhadap guru
Program
Berbasis Kelas dan Sekolah
Program efektif untuk mengelola
perilaku di kelas antara lain:
1.
Program pengayaan kompetensi sosial
2.
Tiga C dalam manajemen kelas dan sekolah
3.
Dukungan bagi pengelolaan kelas berpusat pada pembelajaran: COMP
0 komentar:
Posting Komentar