HASIL DISKUSI KELOMPOK
MATERI
PSIKOLOGI PENDIDIKAN dan FENOMENA PENDIDIKAN
Kelompok
1
Alde Rahman Ifari (16-166)
Eunike Aprillia Siagian
(16-169)
Saras Gusvita (16-173)
Nabila Yasmin (16-180)
Alifah Nabilah Dara (16-182)
Dhita Dwi Endayu (16-188)
Doli Indra Aulia (16-233)
Mata
Kuliah : Psikologi Pendidikan
Kelas
: C-2016
Blog : Dhita Dwi Endayu (16-188)
Hasil
Diskusi Kelompok :
Berdasarkan
hasil diskusi kelompok kami mengenai kewajiban setiap mahasiswa yang
mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan 2 sks yang harus memilki e-mail dan
blog ditinjau dari uraian psikologi pendidikan dan fenomena pendidikan di
Indonesia adalah :
Dari
segi uraian mengenai psikologi pendidikan kami berpendapat bahwa dimana
pengertian psikologi pendidikan adalah bidang yang membantu pengajar/proses
pembelajaran serta memberi kontribusi untuk menghantar anak-anak meraih masa
depan yang baik. Dari pengertian tersebut, kami berpendapat adanya kaitan
dengan memiliki e-mail dan blog sangat berguna karena dari segi pendidikan adanya
alat elektronik tersebut mahasiswa terkhusunya kami bisa mengikuti perkembangan
zaman yang terus berkembang secara pesat. Dengan memiliki e-mail dan blog, kami
para mahasiswa akan dituntut untuk mengembangkan kreativitas dalam menulis,
serta menyampaikan informasi dengan teknologi, sehingga kami bisa lebih maju
dan memiliki wawasan yang luas terhadap informasi yang kami berikan.
Selain
itu, kewajiban kami dalam memiliki e-mail dan blog adalah kami menjadi tahu
bagaimana cara membuat, menggunakan ataupun mengirim informasi kepada orang
lain. Yang semulanya para mahasiswa tidak bisa membuat bahkan tidak memiliki
blog, kini sekarang kewajiban itu sudah dilakukan oleh mahasiswa yang termasuk
dalam materi perkuliahan kami disemester awal. Manfaat lain dari memiliki
e-mail ataupun blog, mahasiswa menjadi lebih praktis dan mudah dalam
berkomunikasi dengan dosen dan mahasiswa lainnya, seperti saat dosen memberikan
tugas dalam bentuk ketikan ataupun softcopy, dengan memiliki e-mail mahasiswa
dengan mudah mengirim tugas tersebut melalui e-mail dosen tanpa harus bertatap
muka ataupun tugas tersebut tidak harus lagi ditulis dalam selembar kertas.
Seiring
dengan berkembangnya pendidikan, fenomena ataupun berbagai permasalahan dalam
pendidikan selalu muncul dan berusaha meminimalisir mengenai permasalahan
tersebut. Seperti mengenai kurikulum ataupun program pendidikan di Indonesia yang
menurut kami belum maksimal. Belum tersebarnya pengarahan dan pendidikan
mengenai teknologi di berbagai daerah membuat para pelajar di Indonesia masih
belum bisa menggunakan teknologi dan membuat atau mendapatkan informasi dengan
baik. Program pembelajaran yang belum maksimal inilah yang menghambat mahasiswa
dan guru ataupun dosen dalam melakukan komunikasi pembelajaran. Tidak semua
materi ataupun tugas terkadang bisa disampaikan langsung oleh dosen ataupun
guru kepada siswanya. Apalagi di era globalisasi sekarang, sangat dibutuhkan
memiliki e-mail dan blog dalam membantu siswa mendapatkan informasi dari
beberapa blog penting yang diinginkan.
Beberapa
dampak positif dan negatif dari hasil diskusi kelompok kami berdasarkan
perkembangan mahasiswa dan masyarakat umum yang memiliki e-mail dan blog,
diantaranya :
Dampak Positif :
- Dengan adanya e-mail dan blog, kita menjadi tahu apa fungsi keduanya, bagaimana cara mengoperasikan aplikasi tersebut serta manfaat memiliki keduanya.
- Memiliki blog kita bisa memberikan informasi yang berguna untuk menjadi sumber baca bagi yang melihat
- Memiliki blog kita juga bisa mengikuti berbagai blog orang lain dengan menjadi bagian link favorit yang terdapat berbagai sumber penting sehingga kita bisa memilki teman yang banyak.
- Adanya memiliki e-mail, memudahkan kita dalam mengirimkan pesan dengan cepat dan dapat dikirim kemana saja.
- Memiliki e-mail bisa mengurangi biaya dalam pengiriman data apapun dapat dikirim ke dalam maupun luar negeri
- Memiliki blog dapat menumbuhkan ide-ide kreatif pada tampilan blog, isi ataupun tulisan dalam blog.
Dampak Negatif :
- Beberapa orang yang memiliki blog terkadang tidak valid atau sumber yang jelas mengenai informasi yang diberikan.
- Munculnya iklan-iklan ataupun gambar yang tidak sepantasnya yang dilakukan oleh orang yang bertanggung jawab dengan menampilkan pada blognya ataupun adanya memunculkan tampilan atau informasii yang mengandung penipuan, sepert bisnis online.
- Terlalu sibuk dalam teknologi yang ia gunakan seperti sibuk dalam blog nya seseorang bisa lupa waktu ataupun menjaga kesehatannya.
Sumber
Santrock, John W. 2007, Psikologi Pendidikan. Jakarta:Kencana
0 komentar:
Posting Komentar